Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

macam macam shalat sunnah berjamaah
macam macam shalat sunnah berjamaah

Macam macam Shalat Sunnah Berjamaah

Shalat sunnah berjamaah adalah shalat yang di kerjakan secara bersamaan lebih dari satu orang di mana ketentuannya harus ada imam dan yang lainnya menjadi makmum adapun nama atau macam macam shalat sunnah berjamaah yang telah di ajarkan oleh islam adalah sebagai berikut

macam macam shalat sunnah berjamaah

  1. yang pertama ialah shalat sunnah tarawih atau yang banyak orang menyebutnya qiyamul ramadhan shalat sunnah ini di kerjakan pada bulan ramadhan secara utuh selama sebulan dan di kerjakan secara berjamaah setelah shalat isya walaupun shalat ini bisa di kerjakan secara sendiri sendiri atau di sebut dengan shalat munfaris namun Nabi Muhammad mengenjurkan untuk di lakukan secara berjamaah adapun dalil tentang tentang keharusan shalat tarawih adalah sebagai berikut :

    عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  مَنْ قَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَاباً ‏غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البخارى ومسلم)‏
     artinya :“Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa yang ‎melaksanakan shalat pada malam hari di bulan Ramadhan dengan dilandasi ‎iman dan semata-mata mengharap ridha Allah SWT maka akan diampuni dosa-‎dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)‎

  2.  Shalat ‘Idain.      
    Shalat ‘Idain.  Atau shalat hari raya yang dimaksud shalat Idain adalah shalat pada    waktu dua  hari raya yakni  Hari Raya Idul fitri (1 syawal) dan Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah).
    Adapun hukum melaksanakannya adalah sunah muakkad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.
    Rasulullah SAW bersabda:
    أَمَرَنَا – تَعْنِى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ نُخْرِجَ فِى الْعِيدَيْنِ الْعَوَاتِقَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ وَأَمَرَ الْحُيَّضَ أَنْ يَعْتَزِلْنَ مُصَلَّى الْمُسْلِمِينَ.
    artinya:“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat ‘ied (Idul Fithri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat.”

  3. Shalat Istisqa’ adalah untuk memohon agar di turunkan hujan shalat sunnat ini berjumlah 2 rakaat yang dilakukan untuk memohon turunnya hujan kepada Allah SWT.
    Shalat Istisqa’ hukumnya sunnah  muakkad (sangat ditekankan) ketika terjadi musim kering, karena Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan hal tersebut
    رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ خَرَجَ يَسْتَسْقِي قَالَ فَحَوَّلَ إِلَى النَّاسِ ظَهْرَهُ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ يَدْعُو ثُمَّ حَوَّلَ رِدَاءَهُ ثُمَّ صَلَّى لَنَا رَكْعَتَيْنِ جَهَرَ فِيهِمَا بِالْقِرَاءَةِ
     artinya:Saya melihat Nabi saw tatkala pergi ke tanah lapang untuk shalat istisqa’ beliau palingkan punggungnya menghadap para sahabat dan kiblat sambil berdo’a, lalu beliau palingkan selendangnya, kemudian shalat dengan kami du’a rekaat dengan suara yang keras ketika membaca ayat.

  4. Shalat Gerhana Matahari (Kusuf) Dan Shalat   Gerhana Bulan (Khusuf)
    Shalat kusuf atau shalat khusuf adalah shalat yang dikerjakan dengan tata cara tertentu karena terjadinya gerhana matahari atau gerhana bulan.
    Hukum shalat gerhana adalah sunnah mu’akkad sebagaimana shalat gerhana matahari dan dilakukan secara berjamaah.
    Nabi SAW bersabda:
    فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ
    artinya: Jika kalian melihat kedua gerhana yaitu gerhana matahari dan bulan, bersegeralah menunaikan shalat.” (HR. Bukhari)

  5. Shalat Witir
    Witir artinya ganjil. Shalat Witir artinya shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah shalat Isya’ dengan bilangan rakaatnya ganjil baik di bulan Ramadan maupun diluar bulan Ramadan.
                      Rasulullaâh shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda :
    اجْعَلُوا آجِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا
    Artinya  :Jadikanlah akhir shalat kamu di malam hari dengan shalat Witir. (H.R. Muttafaq Alaih)

    demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai macam macam shalat sunnah berjamaah semoga bermanfaat sekian dan terima kasih

     

     

Tag(s) : #islam

Share this post

Repost0